Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Bidang Study Keahlian Teknik Ketenagalistrikan – SMK Negeri 2 Garut

  • Informasi

    Kepada Bapak dan Ibu Guru Progran Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang ingin mengisi blog ini, tulisannya diserahkan kepada Admin (Djedjen Zaenudin )
  • Kalender

    Desember 2014
    S S R K J S M
    « Des    
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  
  • WAKTU

  • ARSIP

KURIKULUM

KTSP – KOMPETENSI KEAHLIAN

TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK – SMK NEGERI 2 GARUT

I. PENDAHULUAN

A. Rasional

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yang sesuai dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.

Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.

Penyelenggaraan pendidikan di Sekolah dinyatakan berhasil, apabila kegiatan belajar mampu membentuk pola tingkah laku peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan, serta dapat dievaluasi melalui pengukuran dengan menggunakan tes dan non tes. Proses pembelajaran akan efektif apabila dilakukan melalui persiapan yang cukup dan terencana dengan baik supaya dapat diterima untuk memenuhi:

  1. Kebutuhan masyarakat setempat dan masyarakat global
  2. Mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi perkembangan dunia USAHA DAN INDUSTRI.
  3. Sebagai proses untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi

B. Landasan

  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 38 Ayat 2 dan  Pasal 51 Ayat 1
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan  Pasal 17 Ayat 2, dan Pasal 49 Ayat 1
  3. Peraturan Mendiknas Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi.
  4. Peraturan Mendiknas Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
  5. Peraturan Mendiknas Nomor 24 tahun 2006 tentang pelaksanaan permen diknas nomor 22 dan 23.

II. Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan

Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya

III. Visi dan Misi SMK Negeri 2 Garut

VISI :

Unggul, berkembang dan berprestasi dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta menghasilkan tamatan yang mampu bekerja mandiri, dapat bersaing di pasar kerja tingkat nasional dan internasional , dengan dilandasi Iman dan Taqwa.

MISI :

  1. Menyelenggarakan pengelolaan sekolah dengan menggunakan pendekatan manajamen bisnis, sebagai usaha membangun Sumber Daya Manusia yang handal, dalam pembentukan manusia cerdas, terampil, mampu mengembangkan potensi dalam bidang keakhliannya dan dapat hidup mandiri serta beriman dan bertaqwa Kepada   Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Mengembangkan dan melaksanakan proses pendidikan dan pelatihan sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan tuntutan pasar kerja melalui pembelajaran yang berkualitas serta dilandasi iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Mencari peluang-peluang untuk menerapkan pendidikan dan pelatihan sesuai plat form Internasional dan mencobakan standar-standar dan plat form Internasional melalui kerja sama dengan  industri, dan mendorong mengadakan Diklat jangka pendek sesuai kebutuhan industri setempat.
  4. Pengembangan system dan menyelenggarakan asistensi usaha sendiri dalam pengelolaan bantuan modal usaha, serta melatih tenaga pendidik untuk mengembangkan unit produksi sekolah.

IV. Tujuan Sekolah

  1. Meningkatkan mutu SMK Negeri 1 Tarogong Kaler, melalui implementasi SMM ISO 9001:2008.
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga kependidikan untuk menunjang  ketercapaian pembelajaran, sejalan dengan tuntutan kebutuhan pasar kerja (dunia usaha/ Industri), bersekala nasional dan internasional.
  3. Mengupayakan pengadaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan sesuai tuntutan program diklat, untuk mendukung terlaksananya pembelajaran.
  4. Memenuhi kebutuhan bahan pembelajaran teori dan praktek sesuai dengan tuntutan materi pembelajaran dan pelatihan.
  5. Mengadakan kerjasama dengan dunia usaha/industri berskala nasional dan internasional, serta lembaga terkait lainnya dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan program pendidikan dan pelatihan.
  6. Melaksanakan pembelajaran dan pelatihan yang berbasis kompetensi dan berbasis IT.
  7. Menanamkan sikap profesional yang dilandasi iman dan taqwa kepada  Tuhan Yang Maha Esa.
  8. Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di DU/DI sebagai tenaga kerja tingkat menengah, sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian pilihannya.
  9. Membekali peserta didik agar mampu memilih karir, ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya.
  10. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

V.   Tujuan Kompetensi  Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Tujuan Kompetensi keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik bertujuan untuk :

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik
  2. Mendidik peserta didik agar menjadi warga negara yang bertanggung jawab
  3. Mendidik peserta didik agar dapat menerapkan hidup sehat, memiliki wawasan pengetahuan dan seni
  4. Mendidik peserta didik dengan keahlian dan ketrampilan dalam Kompetensi keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik, agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi pekerjaan yang ada di DUDI sebagai tenaga kerja tingkat menengah.
  5. Mendidik Peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi dan mengembangkan sikap professional dalam Kompetensi keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik.
  6. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

VI. Standar Kompetensi

A. Standar Kompetensi Lulusan SMK

  1. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja.
  2. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya.
  3. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya.
  4. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial.
  5. Menghargai keberagaman agama, bangsa,  suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global.
  6. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif.
  7. Menunjukkan  kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan.
  8. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri.
  9. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
  10. Menunjukkan kemampuan  menganalisis dan memecahkan masalah kompleks.
  11. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial.
  12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan  bertanggung jawab.
  13. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  14. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya.
  15. Mengapresiasi karya seni dan budaya.
  16. Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok.
  17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan.
  18. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun.
  19. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
  20. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain.
  21. Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis.
  22. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
  23. Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya.

B. Stándar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran

1. Pendidikan Agama Islam
  • Memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai Qadha dan Qadar melalui pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna
  • Berperilaku terpuji seperti husnuzzhan, taubat dan raza dan meninggalkan perilaku tercela seperti isyrof, tabdzir dan fitnah
  • Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi serta menjelaskan hukum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam
  • Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam di Indonsia dan di dunia

2. Pendidikan Agama Kristen

  • Mewujudkan nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial
  • Merespon berbagai bentuk kehidupan modern, perkembangan budaya dan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan mengacu pada ajaran Kristen
  • Bertanggung jawab sebagai orang Kristen dalam kehidupan gereja, masyarakat dan bangsa
  • Menyampaikan berita damai dan menjadi pembawa damai sejahtera

3. Pendidikan Agama Khatolik

  • Peserta didik dapat menguraikan pemahaman tentang pribadinya sebagai pria dan wanita serta sebagai Citra Allah yang memiliki akal budi untuk berpikir kritis serta memiliki suara hati dan kehendak yang bebas untuk bertindak secara  bertanggung jawab.
  • Peserta didik menguraikan pemahaman tentang pribadi Yesus Kristus yang diwartakan oleh Kitab Suci dan diajarkan oleh Gereja dan bagaimana upaya nyata meneladani dalam hidup sehari-hari.
  • Peserta didik dapat menguraikan pemahaman makna Gereja, fungsi dan sifat-sifatnya serta hubungannya dengan dunia dan bagaimana menghayati dalam hidup bergereja.
  • Peserta didik menguraikan fungsi Gereja yaitu melanjutkan perutusan Yesus untuk mewartakan Kerajaan Allah dan melibatkan diri dalam perutusan itu untuk memperjuangkan martabat dan hak asasi manusia  dengan menegakkan nilai-nilai Kerajaan Allah, antara lain: keadilan, kejujuran dan keutuhan lingkungan hidup

4. Pendidikan Agama Hindu

  • Memahami Atman sebagai sumber hidup, Hukum Karma dan Punarbhawa, dan ajaran Moksa sebagai tujuan tertinggi
  • Memahami sifat-sifat Tri Guna dan Dasa Mala, ajaran Tat Twam Asi, Catur Warna, Catur Asrama, dan Catur Purusartha
  • Memahami tata cara persembahyangan, pelaksanaan Yadnya dalam kehidupan, dan perkawinan menurut Hindu (Wiwaha)
  • Memahami pokok-pokok ajaran Weda (Weda Sruti dan Smerti) sebagai sumber hukum Hindu
  • Memahami struktur, hakikat dan pelestarian kesucian tempat suci
  • Memahami perhitungan hari-hari suci menurut Hindu
  • Memahami kepemimpinan menurut Niti Sastra dan hakekatnya
  • Memahami proses penciptaan dan pralaya alam semesta
  • Memahami nilai-nilai budaya Dharma Gita, seni keagamaan Hindu dan sejarah perkembangan agama Hindu di India dan negara lainnya

5. Pendidikan Agama Buddha

  • Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Tri Ratna dengan mengetahui fungsi serta terefleksi dalam moralitas (sila), meditasi (samadhi), dan kebijaksanaan (panna)
  • Memiliki kemampuan untuk memahami dan meyakini hukum alam
  • Membaca Paritta dan Dhammapada serta mengerti artinya
  • Beribadah (kebaktian) dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan masing-masing aliran
  • Meneladani sifat, sikap dan kepribadian Buddha, Bodhisattva, dan para siswa utama Buddha
  • Memiliki kemampuan dasar berpikir logis, kritis, dan kreatif untuk memecahkan masalah
  • Memahami sejarah kehidupan Buddha Gotama
  • Memahami peran agama dalam kehidupan sehari-hari
  • Memiliki bekal pengetahuan dan kemampuan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi

6. Pendidikan Kewarganegaraan

  • Memahami hakekat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Menganalisis sikap positif terhadap penegakan hukum, peradilan nasional, dan tindakan anti korupsi
  • Menganalisis pola-pola  dan  partisipasi aktif dalam pemajuan, penghormatan serta penegakan HAM baik di Indonesia maupun  di luar negeri
  • Menganalisis peran dan hak warganegara dan sistem pemerintahan NKRI
  • Menganalisis budaya politik demokrasi, konstitusi , kedaulatan negara, keterbukaan dan keadilan di Indonesia
  • Mengevaluasi hubungan internasional dan sistem hukum internasional
  • Mengevaluasi sikap berpolitik dan bermasyarakat madani sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
  • Menganalisis peran Indonesia dalam politik dan hubungan internasional, regional, dan kerja sama global lainnya
  • Menganalisis sistem hukum internasional, timbulnya konflik internasional, dan mahkamah internasional

7. Bahasa Indonesia

Tingkat Semenjana

  • Mendengarkan : Memahami wacana lisan dalam kegiatan penyampaian dan penerimaan informasi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
  • Berbicara : Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
  • Membaca : Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana tulis berupa teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
  • Menulis : Menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian  informasi dalam bentuk teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

Tingkat Madia

  • Mendengarkan : Memahami wacana lisan dalam kegiatan penyampaian dan penerimaan informasi yang berkaitan dengan pekerjaan
  • Berbicara : Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi yang berkaitan dengan pekerjaan
  • Membaca : Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana tulis berupa teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan pekerjaan
  • Menulis : Menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian  informasi dalam bentuk teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan pekerjaan

Tingkat Unggul

  • Mendengarkan : Memahami wacana lisan dalam kegiatan penyampaian dan penerimaan informasi yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana
  • Berbicara : Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana
  • Membaca : Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana tulis berupa teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana
  • Menulis : Menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian  informasi dalam bentuk teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederha

8. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

  • Mempraktekkan keterampilan permainan dan olahraga dengan menggunakan peraturan
  • Mempraktekkan rangkaian senam lantai dan irama serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
  • Mempraktekkan pengembangan mekanik sikap tubuh, kebugaran jasnani serta aktivitas lainnya
  • Mempraktekkan gerak ritmik yang meliputi senam pagi, senam aerobik, dan aktivitas lainnya
  • Mempraktekkan kegiatan dalam air seperti renang, permainan di air dan keselamatan di air
  • Mempraktekkan kegiatan-kegiatn di luar kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam sekitar, mendaki gunung, dan lain-lain
  • Memahami budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta lingkungan yang sehat, mengenal berbagai penyakit dan cara mencegahnya serta menghindari narkoba dan HIV

9. Seni Budaya

Seni Rupa

  • Memahami konsep seni rupa dan memahami pentingnya seni rupa dalam kehidupan
  • Menunjukan sikap apresiatif terhadap seni rupa
Seni Musik
  • Memahami konsep seni musik dan memahami pentingnya seni musik dalam kehidupan
  • Menunjukan sikap apresiatif terhadap seni musik

Seni Tari

  • Memahami konsep seni tari dan memahami pentingnya seni tari dalam kehidupan
  • Menunjukan sikap apresiatif terhadap seni tari

Teater

  • Memahami konsep teater dan memahami pentingnya teater dalam kehidupan
  • Menunjukan sikap apresiatif terhadap teater

10. Bahasa Inggris

Level Novice

  • Mendengarkan : Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk mendengarkan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
  • Berbicara : Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan  permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
  • Membaca :  Memahami makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
  • Menulis : Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

Level Elementary

  • Mendengarkan : Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk mendengarkan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
  • Berbicara : Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan  permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
  • Membaca : Memahami makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan
  • Menulis : Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan

Level Intermediate

  • Mendengarkan : Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk mendengarkan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian
  • Berbicara : Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan  permintaan dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian
  • Membaca : Memahami makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian
  • Menulis : Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian
11. Matematika
  • Memahami konsep operasi bilangan riil serta penerapannya dalam pemecahan masalah
  • Memahami konsep aproksimasi kesalahan serta penerapannya dalam pemecahan masalah
  • Memahami sistem persamaan linier, pertidaksamaan linier, dan persamaan kuadrat, serta penerapannya dalam pemecahan masalah
  • Memahami logika matematik dalam pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor serta penerapannya dalam pemecahan masalah
  • Memahami konsep matriks dan penerapannya dalam pemecahan masalah yang terkait dengan matriks
  • Memahami konsep perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dan penerapannya dalam pemecahan masalah
  • Memahami konsep persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat dan penerapannya dalam pemecahan masalah
  • Memahami konsep barisan dan deret dan penerapannya dalam pemecahan masalah
  • Memahami konsep kedudukan, jarak, dan besar sudut dalam ruang dimensi dua dan penerapannya dalam pemecahan masalah
  • Memahami konsep vektor dan penerapannya dalam pemecahan masalah
  • Memahami konsep teori peluang dan penerapannya dalam pemecahan masalah
  • penerapannya dalam pemecahan masalah
  • Memahami konsep irisan kerucut dan penerapannya dalam pemecahan masalah
  • Memahami konsep limit fungsi dan turunan fungsi dan penerapannya dalam pemecahan masalah
  • Memahami konsep integral dan penerapannya dalam pemecahan masalah
  • Menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah
  • Menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah
  • Menalar secara kritis dan mengembangkan aktivitas kreatif dalam memecahkan masalah serta mengkomunikasikan ide
  • Menerapkan Matematika sebagai dasar penguasaan kompetensi produktif dan pengembangan diri

12. Ilmu Pengetahuan Alam

  • Mampu mengenali gejala-gejala alam melalui pengamatan langsung dan menafsirkannya untuk kepentingan kehidupan sehari-hari
  • Mengenali berbagai jenis polusi dan dampaknya terhadap manusia dan lingkungan
  • Memiliki kesadaran dan mampu berperanserta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan ekosistem lingkungan dan sumber daya alam
  • Menerapkan IPA sebagai dasar penguasaan kompetensi produktif dan pengembangan diri

13. Fisika

  • Memahami prinsip-prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran fisika secara  langsung, tidak langsung,  secara cermat, teliti, dan obyektif
  • Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik, kekekalan energi, impuls, dan momentum
  • Memahami sifat mekanik bahan serta menentukan kekuatan bahan
  • Mendeskripsikan prinsip dan konsep konservasi kalor sifat gas ideal, fluida dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika serta penerapannya dalam mesin kalor
  • Menerapkan konsep dan prinsip optik dan gelombang dalam berbagai penyelesaian masalah
  • Memahami konsep getaran, gelombang, dan bunyi serta penerapannya untuk pemecahan masalah
  • Menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai masalah
  • Menguasai konsep dasar Fisika yang mendukung secara langsung pencapaian kompetensi program keahliannya
  • Menerapkan konsep dasar Fisika untuk mendukung penerapan kompetensi program keahliannya dalam kehidupan sehari-hari
  • Menerapkan konsep dasar Fisika untuk mengembangkan kemampuan program keahliannya pada tingkat yang lebih tinggi

14. Kimia

  • Memahami konsep materi dan perubahannya, fenomena reaksi kimia yang terkait dengan kinetika, kesetimbangan, kekekalan masa dan kekekalan energi
  • Memahami sifat berbagai larutan asam-basa, larutan koloid, larutan elektrolit-non elektrolit, termasuk cara pengukuran dan kegunaannya
  • Memahami konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia serta penerapannya dalam fenomena pembentukan energi listrik, korosi logam, dan pemisahan bahan (elektrolisis)
  • Memahami struktur molekul dan reaksi senyawa organik yang meliputi benzena dan turunannya, lemak, karbohidrat, protein, dan polimer serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
  • Meningkatkan kesadaran tentang terapan kimia yang dapat bermanfaat dan juga merugikan bagi individu, masyarakat, dan lingkungan serta menyadari pentingnya mengelola dan melestarikan lingkungan demi kesejahteraan masyarakat
  • Memahami konsep, prinsip, hukum, dan teori kimia serta saling keterkaitannya dan penerapannya untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi
  • Menggunakan pengetahuan dasar kimia dalam kehidupan sehari-hari, dan memiliki kemampuan dasar kimia sebagai landasan dalam mengembangkan kompetensi di masing-masing bidang keahlian.

15. Ilmu Pengetahuan Sosial

  • Memahami konsep-konsep interaksi antarindividu serta interaksi dengan lingkungan masyarakat sekitar
  • Memahami proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme barat hingga terjadinya kebangkitan nasional
  • Memahami konsep kebutuhan manusia akan barang serta memahami proses-proses dasar ekonomi dalam rangka pemenuhan kebutuhan
  • Berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial ekonomi
  • Memiliki komitmen tinggi terhadap nilai-nilai sosial, budaya, dan kemanusiaan
  • Mampu berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk di tingkat lokal, nasional, dan global.

16. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi

  • Mampu mengoperasikan komputer PC
  • Mampu mengoperasikan sistem operasi soft ware
  • Mampu menggunakan teknologi komputer untuk mengolah data, keperluan sehari-hari serta keperluan yang terkait dengan kebutuhan dunia kerja
  • Mampu mengoperasikan PC dalam suatu jaringan serta mengoperasikan web design

17. Kewirausahaan

  • Mampu mengidentifikasi kegiatan dan peluang usaha dalam kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi di lingkungan masyarakatnya
  • Menerapkan sikap dan perilaku wirausaha dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakatnya
  • Memahami sendi-sendi kepemimpinan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari serta menerapkan perilaku kerja prestatif dalam kehidupannya
  • Mampu merencanakan sekaligus mengelola usaha kecil/mikro dalam bidangnya

18. Dasar Kompetensi Kejuruan Tehnik Instalasi Tenaga Listrik

  • Menganalisis rangkaian listrik
  • Menggunakan hasil pengukuran
  • Menafsirkan gambar teknik listrik
  • Melakukan pekerjaan mekanik dasar
  • Menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)

19. Kompetensi Kejuruan Tehnik Tenaga Listrik

  • Memahami dasar-dasar elektronika
  • Memahami pengukuran komponen elektronika
  • Merawat peralatan rumah tangga listrik
  • Memperbaiki peralatan rumah tangga listrik
  • Memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana
  • Memasang instalasi Tenaga Listrik Bangunan Sederhana
  • Memasang instalasi penerangan listrik bangunan bertingkat
  • Memasang instalasi tenaga listrik bangunan bertingkat
  • Memperbaiki motor listrik
  • Mengoperasikan sistem pengendali elektronik
  • Mengoperasikan peralatan pengendali daya tegangan rendah
  • Mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik
  • Memasang sistem pentanahan instalasi listrik
  • Merawat panel listrik dan switchgear

20.  Diagram Pencapaian Kompetensi

Diagram ini menunjukan tahapan atau tata urutan kompetensi yang diajarkan dan dilatihkan kepada peserta didik dalam kurun waktu yang dibutuhkan serta kemungkinan multi exit-multi entry yang dapat diterapkan.


Keterangan:

Dasar Kompetensi Keahlian :
011.DKK.01
Menganalisis rangkaian listrik
011.DKK.02
Menggunakan hasil pengukuran
011.DKK.03
Menafsirkan gambar teknik listrik
011.DKK.04
Melakukan pekerjaan mekanik dasar
011.DKK.05
Menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
Kompetensi Keahlian :
011.KK.01
Memahami dasar-dasar elektronika
011.KK.02
Memahami pengukuran komponen elektronika
011.KK.03
Merawat peralatan rumah tangga listrik
011.KK.04
Memperbaiki peralatan rumah tangga listrik
011.KK.05
Memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana
011.KK.06
Memasang instalasi Tenaga Listrik Bangunan Sederhana
011.KK.07
Memasang instalasi penerangan listrik bangunan bertingkat
011.KK.08
Memasang instalasi tenaga listrik bangunan bertingkat
011.KK.09
Memperbaiki motor listrik
011.KK.10
Mengoperasikan sistem pengendali elektronik
011.KK.11
Mengoperasikan peralatan pengendali daya tegangan rendah
011.KK.12
Mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik
011.KK.13
Memasang sistem pentanahan instalasi listrik
011.KK.14
Merawat panel listrik dan switchgea

C. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran

Untuk lengkapnya silahkan di download  ( Klik di sini )


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: